Dilewati KRL, Harga Tanah Bekasi Arah Cikarang Merangkak Naik

Dampak dari hal tersebut, harga tanah di sekitar lintasan KRL pun meningkat. Terutama yang berada di dekat dengan stasiun kereta komuter. Seperti diketahui, ada 4 stasiun setelah Stasiun Bekasi Kota yang difungsikan untuk perjalanan KRL, yakni Stasiun Bekasi Timur, Stasiun Tambun, Stasiun Cibitung, dan Stasiun Cikarang.

Nana, warga Kampung Kobak, Desa Meksari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, mengatakan harga tanah di sekitar Stasiun Tambun saat ini sudah terbilang cukup mahal. Adanya lintasan KRL di Stasiun Tambun, tentunya membuat harga tanah di sekitarnya meningkat.

"Ini lahan di sini kalau pasaran sekarang itu Rp 3,5 juta per meter. Itu harga yang dekat jalan kecil loh pinggiran rel kereta. Ada masih banyak tanah kosong di sini. Kalau benar KRL sampai sini naik lagi jelas pasti itu. Kalau pasarannya naiknya bisa Rp 5 juta ke atas," kata Nana sembari menunjuk sebidang tanah persis di pinggir rel tak jah dari Stasiun Tambun, Minggu (10/9/2017).

Harga pasaran tersebut, kata dia, bisa dilihat dari penawaran warga saat tanahnya akan dibebaskan oleh PT KAI dalam proyek doble-double track (DDT) beberapa bulan lalu.

"Dulu pernah ditawar sama KAI, mau dilebarin tanah buat relnya. Enggak tahu sekarang masih tawar lagi atau belum. Pernah tawar, warga mintanya Rp 5 juta ke atas (per meter)," tutur Nana.

Menurutnya, selain keberadaan Stasiun Tambun yang nantinya jadi pemberhentian KRL, naiknya tanah di sekitar stasiun juga lantaran banyak orang yang mencari tanah di kawasan tersebut.

"Yang cari tanah juga banyak sih. Sudah begitu dekat pasar juga, kemana-mana dekat. Kalau di sini orang cari saja, karena ini kampung. Kalau perumahan baru agak jauhan dari sini. Carinya yang lebih luas," ungkap Nana.

Seperti diketahui, PCJ akan membuka layanan KRL hingga ke Stasiun Cikarang pada akhir bulan ini. Tahap pertama, akan ada 10 perjalanan setiap harinya dari Stasiun Jakarta Kota ke Cikarang. 

KRL dengan formasi 8 gerbong ini sekaligus menggantikan keberadaan kereta lokal, yang saat ini berangkat dari Stasiun Purwakarta dan hanya akan sampai di Stasiun Cikarang saja. (idr/dna)

Galeri foto